Epson Endeavor SY01, Komputer Mini PC Bertenaga Intel Atom

Epson Endeavor SY01 – Epson yang selama ini dikenal sebagai merek printer, ternyata juga turut merilis komputer mini atau mini PC seukuran flash drive melalui seri Endeavor SY01. Berdasarkan informasi yang diterima oleh Tuxlin Blog, komputer mini Endeavor SY01 besutan Epson ini dikembangkan dengan menggunakan basis Intel Compute Stick. mengetahui fakta tersebut, tak heran jika penampilan fisik komputer mini Endeavor SY01 ini sama seperti Intel Compute Stick yang berbentuk persegi panjang memnyerupai flash drive. Epson mengungkapkan bahwa komputer mini Endeavor SY01 ini didesain untuk pengguna yang membutuhkan komputer berukuran kecil dan hemat energi. Dimensi yang mungil membuat Endeavor SY01 ini tidak banyak memburuhkan tempat ketika digunakan. Pengguna cukup menancapkan komputer mini Endeavor SY01 ke monitor melalui HDMI dan komputer siap digunakan.


Sama seperti Intel Compute Stick, Epson Endeavor SY01 ini menawarkan kinerja sekelas netbook yang cukup memadai untuk komputasi ringan sehari-hari, menurut Tuxlin. Endeavor SY01 mengandalkan sokongan dapur pacu yang ditenagai oleh prosesor Intel Atom Z3735F quad-core yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB DDR3L dan didukung oleh pengolah grafis dari Intel HD Graphics. Pengguna dapat menambahkan mouse dan keyboard dengan memanfaatkan port USB yang tersedia atau melalui wireless. Komputer mini ini didukung oleh ruang penyenyimpanan berupa eMMC berkapasitas 32GB. Pengguna dapat menginstal sistem operasi Windows 8.1 atau Ubuntu Linux sesuai kebutuhan karena kedua sistem operasi tersebut kompatibel dengan komputer mini besutan Epson.
Epson Endeavor SY01

Harga Epson Endeavor SY01

Harga yang ditawarkan oleh komuter mini PC Epson Endeavor SY01 ini tak jauh berbeda dengan Intel Compute Stick varian Windows, yakni sekitar Rp 1,9 juta. Beradasarkan informasi yang diterima oleh Tuxlin Blog, komputer mini Epson Endeavor SY01 ini baru tersedia di pasar Jepang saja. Sampai saat ini belum ada keterangan resmi dari Epson mengenai kapan produk ini akan diluncurkan secara global.

Spesifikasi Epson Endeavor SY01

  • Prosesor Intel Atom Z3735F quad-core berkecepatan 1,33GHz dengan turbo hingga 1,83GHz
  • Memori RAM 2GB DDR3L single-channel (soldered)
  • Grafis Intel HD Graphics
  • Penyimpanan eMMC 32GB, dilengkapi slot microSD
  • Konektivitas WiFi, port USB 2.0, Bluetooth, slot microSD, HDMI
  • Daya 5V/2A
  • Dimensi 103 x 37 x 12 mm
Sumber
Anda mungkin suka:Review Earphone Xiaomi Piston 3 (New Mi In-Ear Head Phone)

wdcfawqafwef