ECS PCoS, Komputer Quad Core Sebesar Flashdisk!

ECS PCoS – Belum lama ini komputer mini seukuran flashdisk telah diluncurkan, yakni ECS PCoS. Tak tanggung-tanggung, komputer mungil ini ditenagai oleh prosesor quad-core besutan Intel. Fitur apa saja yang ditawarkan oleh ECS PCoS? Menurut Tuxlin Komputer, komputer mini ECS PCoS ini tak akan jauh berbeda dengan Intel Compute Stick karena pada dasarnya, adalah sama. Perbedaan yang mencolok hanya terlihat pada desain luarnya saja. Komputer mini sebesar flashdisk ECS PCoS ini dibalut dengan casing plastik berwarna putih dengan bentuk yang melengkung atau curvy. Sekilas, komputer ini terlihat lebih menarik dari model referensi dari Intel. Solusi komputer mini ECS PCoS ini sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan komputer berkinerja memadai dan bisa dibawa kemana-mana dengan mudah. Bahkan, ECS PCoS dengan mudah dapat dimasukkan ke dalam saku.


Performa yang ditawarkan oleh komputer mini ECS PCoS tidak jauh berbeda dengan para pesaingnya menurut Tuxlin Komputer karena masih mengandalkan tenaga dari prosesor Intel Atom Z3735F quad-core yang dipadukan dengan memori RAM sebesar 2GB DDR3L dan didukung oleh pengolah grafis dari Intel HD Graphics. Sektor ruang penyimpanan mungkin menjadi salah satu kelemahan dari komputer mini ini karena hanya didukung memori berkapasitas 32GB. Meski demikian, pengguna masih dapat menambahkan microSD untuk ekspansi kapasitas penyimpanan. mengenai sistem operasi, ECS PCoS ini kompatibel dengan sistem operasi Ubuntu Linux dan Windows 8.1, sehingga pengguna dapat memilih sesuai kebutuhan. Komputer ini juga dipastikan akan mendukung Windows 10 di masa mendatang.
ECS PCoS

Harga ECS PCoS

harga komputer mini ECS PCoS sebesar flashdisk ini belum diumumkan secara resmi. Tuxlin Komputer berpendapat bahwa harga yang ditawarkan oleh mini PC ECS PCoS tak akan jauh berbeda dengan komputer mini lainnya yang menggunakan basis Intel Compute Stick. Harga ECS PCoS diperkirakan sekitar $150 atau sekitar Rp 2 juta-an. Tak diketahui apakah komputer mini ini akan masuk pasar Indonesia atau tidak.

Spesifikasi ECS PCoS

  • Prosesor Intel Atom Z3735F quad-core berkecepatan 1,33GHz dengan turbo hingga 1,83GHz
  • Memori RAM 2GB DDR3L single-channel (soldered)
  • Grafis Intel HD Graphics
  • Penyimpanan eMMC 32GB, dilengkapi slot microSD
  • Konektivitas WiFi, port USB 2.0, Bluetooth, slot microSD, HDMI
  • Daya 5V/2A
  • Dimensi 103 x 37 x 12 mm
Sumber
Anda mungkin suka:Review Kamera Asus Zenfone C Berkekuatan 5 MP, Dukung Mode Low Light

wdcfawqafwef