CHIP Mini PC, Komputer 100 Ribu-an yang Bisa Jalankan Debian Linux

CHIP Mini PC – Sejak kemunculan Raspberry Pi, komputer mini dengan konsep DIY (Do it Yourself) terus bermunculan. Salah satu yang menarik adalah CHIP Mini PC ini. Kelebihan utama yang ditawarkan oleh komputer CHIP ini adalah harganya yang sangat murah dan kemampuannya dalam menjalankan aplikasi desktop tanpa masalah. Berbeda dengan komputer DIY lainnya, CHIP Mini PC ini mampu menjalankan sistem operasi open-source Debian Linux yang telah dioptimasi untuk komputer tersebut. Ini berarti pengguna komputer mini CHIP Mini PC dapat menjalankan aplikasi desktop, sebut saja LibreOffice, VLC Player, browser Firefox, Thunderbird, Google Chrome dan banyak lagi. Selain itu, disediakan dukungan modul untuk mengembangkan proyek kreatif berbasis komputer mini CHIP Mini PC.


Spesifikasi yang ditawarkan oleh CHIP Mini PC sama sekali tak istimewa, yakni dengan mengandalkan prosesor ARM Cortex-A8 single-core dengan kecepatan 1GHz dari chipset SoC (System on Chip) Allwinner R8 yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 512MB. Berdasarkan spesifikasi tersebut, tentunya pembaca Tuxlin Blog dapat memperkirakan sejauh apa kinerja yang ditawarkan. meski tak terlalu powerful, komputer murah CHIP Mini PC ini cukup mampu menjalankan aplikasi sehari-hari, seperti Office, browsing, chatting, dan komputasi standar lainnya.
CHIP Mini PC

Harga CHIP Mini PC

Harga yang ditawarkan oleh komputer CHIP Mini PC ini sangat murah, yakni $9 atau sekitar Rp 100 ribu-an saja. Pengguna memang masih harus menambahkan beberapa periferal agar CHIP Mini PC dapat digunakan layaknya komputer. Terlepas dari hal tersebut, Tuxlin menilai komputer mungil CHIP Mini PC ini sangat menarik, terlebih memiliki kemampuan menjalankan sistem operasi desktop sekelas Debian Linux. Tak diketahui apakah CHIP Mini PC akan diluncurkan di Indonesia atau tidak.

Spesifikasi CHIP Mini PC

  • Chipset Allwinner R8 dengan prosesor ARM Cortex-A8 single-core 1GHz
  • Memori RAM 512MB
  • Grafis Mali-400
  • Penyimpanan 4GB, dilengkapi slot microSD
  • Konektivitas WiFi, Bluetooth, USB, dan video output
  • Daya 5V/2A
  • Dimensi 4 x 6 cm
Sumber
Anda mungkin suka:ZTE Blade S6, Smartphone 4G Kaya Fitur Bertenaga Octa Core

wdcfawqafwef