AMD Radeon R9 Fury X Telah Hadir di Indonesia

AMD Radeon R9 Fury X Indonesia – Setelah diumumkan secara global, Advanced Micro Device atau AMD akhirnua secara resmi telah mengumumkan kartu grafis Radeon R9 Fury X andalannya di Indonesia. Ini menandakan kehadiran kartu grafis canggih ini di pasar tanah air tak lama lagi. Seperti yang Tuxlin Komputer ungkapkan sebelumnya, kartu grafis Radeon R9 Fury X menggunakan nama sandi Fiji yang hadir dengan dimensi yang lebih pendek dari kartu grafis kelas atas pada umumnya. Hal ini disebabkan karena ia telah dibekali dengan pendingin cair atau liquid cooling, sehingga ukurannya lebih kecil tetapi terdiri dari dua bagian, satu kartu grafis itu sendiri dan satunya lagi pendinginnya. Solusi ini mampu meredam panas VGA card hingga stabil di kisaran 50 derajat saja saat digunakan untuk bermain game, luar biasa bukan?


AMD Radeon R9 Fury X menggunakan arsitektur GCN (Graphics Core Next) 1.2 yang menawarkan kinerja tinggi dengan konsumsi daya yang efisien. Kartu grafis terbaru besutan AMD ini mengusung TDP (Thermal Design Power) 275W. AMD membekali kartu grafis ini dengan 4096 unit stream prosesor dengan kecepatan core clock 1050MHz yang ditandemkan dengan 256 unit TMU dan didukung oleh 64 unit ROPs. Kelebihan utama yang ditawarkan oleh Radeon R9 Fury X adalah telah menggunakan teknologi terbaru yang disebut dengan HBM (High Bandwidth Memory) yang menawarkan bandwidth hingga 1Gbps dengan kapasitas 4GB dan antarmuka memori 4096-bit. berdasarkan spesifikasi dan harga yang ditawarkan, kartu grafis AMD Radeon R9 Fury X ini akan menjadi pesaing tangguh bagi Nvidia GeForce GTX 980 Ti. Berdasarkan informasi yang diterima Tuxlin Komputer, kinerja kartu grafis ini mampu mempecundangi Nvidia GeForce GTX 980 Ti.
AMD Radeon R9 Fury X
“Chip Fiji merupakan GPU yang paling rumit yang pernah diciptakan, tentunya sangat cepat, dan sangat hemat energi hingga 60 persen,” Richard Haddy, AMD Chief Gaming Scientist.

Harga AMD Radeon R9 Fury X

Harga kartu grafis canggih AMD Radeon R9 Fury X di Indonesia sampai saat ini belum diumumkan secara resmi. Harga ini sebenarnya tergantung partner AMD yang merilis kartu grafis Radeon R9 Fury X di Indonesia, seperti HIS, Sapphire, XFX, PowerColor, dan partner lainnya. Namun, AMD telah menentapkan harga MSRP yang dapat dijadikan sebagai acuan, yakni $649 atau sekitar Rp 8,6 juta. Partner AMD mungkin akan menjualnya dengan harga yang sama, lebih rendah atau bahkan lebih tinggi dari harga referensi tersebut. Jelas, kartu grafis Radeon R9 Fury X ini menjadi pesaing utama bagi Nvidia GeForce GTX 980 Ti.

Spesifikasi AMD Radeon R9 Fury X

  • Arsitektur GPU Fiji GCN 1.2 
  • Stream Prosesor 4096 unit
  • Texture Unit (TMU) 256 unit
  • ROPs 64 unit
  • Kecepatan Clock 1050MHz
  • Memori VRAM 4GB HBM (High Bandwidth Memory) 1Gbps
  • Antarmuka memori 4096-bit
  • TDP 275W
  • Teknologi manufaktur 28nm TSMC
  • Fitur: AMD LiquidVR, AMD FreeSync, DirectX 12, OpenGL 4.5, Vulkan dan AMD Mantle
Sumber
Anda mungkin suka:Duel Kamera Asus Zenfone 2 ZE551ML vs Xiaomi Mi 4i di Malam Hari

wdcfawqafwef