Entroware Aura, Mini PC dengan OS Ubuntu MATE 15.04

Entroware Aura – Belum lama ini telah diluncurkan komputer mini atau Mini PC berbasis Intel NUC (Nect Unit Computing), yakni Entroware Aura. Komputer mini Entroware Aura ini menawarkan ukuran yang mungil dan menggunakan desain referensi dari Intel NUC generasi baru. Ukurannya yang mungil ini membuatnya cocok digunakan di ruangan yang kecil atau terbatas. Kelebihan lain yang ditawarkan oleh komputer mini Entroware Aura ini adalah menggunakan sistem operasi open-source Ubuntu MATE 15.04 yang ringan dan nyaman digunakan. Namun, bagi yang tidak biasa menggunakan Linux tampaknya harus banyak beradaptasi menurut Tuxlin Komputer. Tak hanya itu, Entroware Aura ini juga didukung spesifikasi yang cukup tinggi di kelasnya, sehingga mampu mengakomodasi komputasi atau tugas kelas menengah dengan lancar.


Kinerja yang ditawarkan oleh komputer mini Entroware Aura menurut Tuxlin Komputer cukup tinggi. Hal ini tak terlepas dari dapur pacunya yang mengandalkan sokongan prosesor Intel Core i3-5010U dual-core dengan kecepatan 2,1GHz generasi Broadwell yang ditandemkan dengan memori RAM sebesar 4GB DDR3 dengan kecepatan 1600MHz. Sektor grafis, komputer mini Aura ini didukung oleh Intel HD Graphics 5500. Sektor ruang penyimpanan tampaknya bukan masalah Entroware Aura karena telah dilengkapi dengan SSD dari Samsung EVO 850 dengan kapasitas 1TB. Konektivitas Entroware Aura juga cukup lengkap dengan mengandalkan WiFi, 4 port USB 3.0, Bluetooth, slot microSD, port HDMI, Gigabit Ethernet, dan DisplayPort.

“Saya tidak bisa menggambarkan betapa bangganya aku pada masyarakat bahwa Ubuntu MATE telah mencapai sedemikian waktu singkat. Saya juga sangat berterima kasih kepada Entroware atas dukungan mereka telah menunjukkan proyek Ubuntu MATE,” kata Martin Wimpress, pemimpin proyek Ubuntu MATE

Harga Entroware Aura

Harga komputer mini atau mini PC Entroware Aura yang menggunakan sistem operasi Ubuntu MATE 15.04 ini mulai 514 euro atau sekitar Rp 7,3 juta. Menurut Tuxlin Komputer, harga yang ditawarkan oleh mini PC Entroware Aura ini cukup masuk akal mengingat ia ditenagai oleh prosesor generasi baru dengan performa tinggi, serta didukung media penyimpanan berupa SSD berkapasitas 1TB. Ukurannya yang mungil menjadi nilai tambah dari produk ini.

Spesifikasi Entroware Aura

  • Prosesor Intel Core i3-5010U dual-core dengan kecepatan 2,1GHz (generasi Broadwell)
  • Memori RAM 4GB DDR3L dengan kecepatan 1600MHz
  • Grafis Intel HD Graphics 5500
  • Penyimpanan SSD (Solid State Drive) Samsung EVO 850 1TB 
  • Konektivitas WiFi, 4 port USB 3.0, Bluetooth, slot microSD, port HDMI, Gigabit Ethernet, DisplayPort
  • Daya -
  • Dimensi 110 x 46 x 118,5 mm
  • OS Ubuntu MATE 15.04
Sumber

Anda mungkin suka:Hands On & Unboxing Ponsel 4G LTE Xiaomi Mi 4i

wdcfawqafwef