Lemon Pi, Pesaing Raspberry Pi dengan Prosesor Quad Core

Lemon Pi – Kesuksesan Raspberry Pi ternyata menjadi inspirasi bagi banyak produsen, termasu EmbedStudio yang berasal dari Tiongkok. Tuxlin Komputer menerima informasi bahwa EmbedStudio ini menggelar crowdfunding melalui situs Indiegogo untuk proyek komputer mini Lemon Pi ini. Target dana yang dibutuhkan untuk proyek Lemon Pi ini adalah $10.000 dan saat ini baru mencapai $312. Lalu seperti apa Lemon Pi ini? Komputer mini Lemon Pi ini mengusung konsep yang sama dengan Raspberry Pi, yakni sebuah komputer single-board DIY (Do it Yourself). Tak hanya mengusung konsep yang sama, Lemon Pi ini juga hadir dengan layout board dan fasilitas yang tak jauh berbeda dengan Raspberry Pi. Lemon Pi dilengkapi port 10/100 Ethernet, 2 port USB 2.0, 1 port USB 3.0, HDMI output, dan 3.5mm headphone jack.


Kinerja adalah kelebihan utama yang ditawarkan oleh Lemon Pi ini menurut Tuxlin Komputer. Performa yang dihasilkan oleh Lemon Pi jelas lebih tinggi dari Raspberry Pi 2 karena mengandalkan dukungan chipset Actions S500 yang mengusung prosesor ARM Cortex-A9r4 quad-core yang berlari dengan kecepatan 1,6GHz, serta dipadukan dengan memori RAM sebesar 1GB. Sisi grafis, Lemon Pi ini juga lebh powerful berkat dukungan GPU (Graphics Processing Unit) dari PowerVR SGX544. Tak hanya menawarkan spesifikasi yang mumpuni, Lemon Pi ini juga memiliki kompatibilitas yang baik dengan sistem operasi Android dan Linux. EmbedStudio telah melakukan porting OS Ubuntu Linux khusus untuk komputer mini Lemon Pi ini.
Lemon Pi

Harga Lemon Pi

berdasarkan rilis resminya, komputer mini single-board Lemon Pi ini akan dijual dengan harga $35 atau sekitar Rp 460 ribu. Tuxlin Komputer menilai komputer mini Lemon Pi bisa menjadi alternatif dari Raspberry Pi 2 yang belum lama ini telah diluncurkan. Dukungan sistem operasi yang lebih luas dan kinerja yang lebih tinggi menjadi daya tarik utama dari komputer mini Lemon Pi ini.

Spesifikasi Lemon Pi

  • Platform Mini PC DIY (Do it Yourself) single-board
  • Chipset Actions S500 dengan prosesor ARM Cortex-A9r4 quad-core 1,6GHz
  • Grafis PowerVR SGX544
  • Memori RAM 1GB, slot microSD
  • Port 10/100 Ethernet, 2 port USB 2.0, 1 port USB 3.0, HDMI output, 3.5mm headphone jack
  • 40-pin I/O expansion connector dilenhkapi GPIO, UART, I2C, dan sebagainya
  • Dimensi 85 x 65 mm
  • Daya 5V/700mA
  • Kompatibel dengan OS Android & Linux

Anda mungkin suka:Harga & Spesifikasi Axioo Windroid 8G

wdcfawqafwef