Ini Daftar Edisi dan Varian Windows 10

Edisi dan Varian Windows 10 – Microsoft telah mengungkapkan bahwa sistem operasi Windows 10 akan diluncurkan pada pertengahan tahun 2015 mendatang. Raksasa perangkat lunak asal Redmond ini telah mengungkapkan bahwa Windows 10 adalah Windows versi final. Maksud dari pernyataan tersebut adalah Windows 10 dianggap sebagai versi Windows yang paling sempurna. Kelebihan Windows 10 ini adalah dukungan perangkat yang luas, mulai dari komputer desktop, notebook, perangkat hybrid, tablet, smartphone, hingga komputer mini hemat daya seperti Raspberry Pi 2. Tak hanya itu, Tuxlin juga mendapat informasi bahwa Windows 10 ini telah hadir dengan browser baru yang disebut dengan Microsoft Edge. Browser yang menggunakan nama sandi Project Spartan ini akan menggantikan posisi Internet Explorer sebagai browser default di Windows.


Microsoft juga menghadirkan Start Menu baru yang mana di dalamnya menggabungkan Start Menu klasik ala Windows 7 dengan Start Screen modern pada Windows 8. Kehadiran Hybrid Start Screen ini akan memudahkan pengguna mengakses aplikasi atau menu tertentu. Tuxlin menyukai adanya Start Menu ini karena Start Screen pada Windows 8 dinilai kurang nyaman digunakan. Sedangkan pada perangkat tablet, Windows 10 secara default akan menampilkan Start Screen. Microsoft juga telah mengungkapkan varian atau edisi Windows 10 yang akan diluncurkan. Tak kurang dari 7 edisi Windows 10 telah disiapkan Microsoft dan 3 edisi di antaranya untuk pasar konsumen.
Windows 10

Edisi Windows 10 untuk Konsumen

  • Windows 10 Home adalah varian yang ditujukan pada konsumen yang berorientasi pada komputasi desktop, notebook, tablet, dan perangkat hybrid. Microsoft telah menghadirkan sebagian besar fitur baru Windows 10 ke edisi Home ini.
  • Windows 10 Pro adalah varian yang lebih maju dari versi Home. Windows 10 Pro memiliki seluruh fitur baru dari sistem operasi Windows. Microsoft mengatakan bahwa edisi ini cocok untuk usaha kecil yang membutuhkan keamanan, produktivitas, dan akses remote.
  • Windows 10 Mobile adalah varian yang ditujukan untuk perangkat smartphone dan tablet dengan ukuran layar kurang dari 7 inci. Windows 10 Mobile ini adalah penerus dari Windows Phone 8.1 dan dilengkapi dengan aplikasi Office yang terdiri dari Word, Excel, dan PowerPoint.
Ketiga varian di atas akan mengakomodasi pasar konsumen atau pengguna biasa. Ketika diluncurkan, hanya dua edisi yang tersedia, yakni Home dan Pro. Lalu bagaimana dengan Windows 10 Mobile? Sistem operasi Windows 10 Mobile adalah penerus dari Windows Phone, sehingga akan hadir bersama smartphone dan tablet yang dibeli konsumen. Microsoft juga telah membidik pasar enterprise dengan merilis dua edisi Windows 10 Mobile, serta menggarap pasar pendidikan dengan menhadirkan varian khusus untuk pendidikan.

Edisi Windows 10 untuk Perusahaan & Bisnis

  • Windows 10 Enterprise adalah versi yang ditujukan untuk kelas bisnis dan dilengkapi dengan fitur yang setara dengan Windows 10 Pro. Windows 10 Enterprise tersedia untuk mitra perusahaan dengan sistem volume licensing.
  • Windows 10 Mobile Eenterprise adalah Windows 10 Mobile yang ditujukan untuk perusahaan atau kelas bisnis.
  • Windows 10 Education adalah versi Windows yang mirip dengan Enterprise, tetapi ditujukan untuk dunia pendidikan, serta cocok digunakan oleh guru, administrator, dan profesional di bidang pendidikan.
Tak hanya itu, tren komputer mini dengan konsep DIY seperti Raspberry Pi 2 dan MinnowBoard telah mendorong Microsoft untuk menghadirkan edisi khusus untuk perangkat tersebut, yakni Windows 10 IoT. Edisi Windows 10 IoT adalah varian Windows yang ditujukan untuk perangat komputer mini berdaya rendah, seperti Raspberry Pi 2 dan Minnowboard. Tuxlin menilai langkah Microsoft menghadirkan banyak varian Windows untuk mencakup lebih banyak perangkat adalah langkah yang baik. Berikut ini adalah spesifikasi minimal untuk menjalankan sistem operasi Windows 10.

Spesifikasi Minimal Komputer Windows 10

  • Prosesor dengan kecepatan 1GHz atau lebih cepat.
  • Memori RAM minimal sebesar 1GB untuk versi 32bit dan 2GB untuk versi 64bit.
  • Ruang kosong hard disk minimal 16GB untuk versi 32bit dan 20GB untuk versi 64bit.
  • Kartu grafis atau pengolah grafis dengan dukungan Microsoft DirectX 9 dengan driver WDDM.
Referensi 1 | Referensi 2
Anda mungkin suka:Ulasan Asus X452EA-VX086D Dengan AMD APU E2-3800 Quad Core

wdcfawqafwef